Categories
DAILY CENDEKIA

GC UGM Bekerja Sama dengan LPPM RCE dalam “The 1st Indonesian Youth Conference on Sustainable Development”

iycsd

Di zaman persaingan global yang menuntut kemajuan disegala bidang, dibutuhkan pembangunan yang berkelanjutan untuk menjamin ketersediaan sumber daya alam agar dapat terus dimanfaatkan. Peran kaum muda terutama mahasiswa sangat menentukan laju dan arah pembangunan berkelanjutan di Indonesia, karena anak mudalah yang akan memimpin Negara ini di masa mendatang. Dengan latar belakang tersebut, LPPM RCE Universitas Gadjah Mada bekerja sama dengan Kelompok Studi Gama Cendekia serta River and Ecology Club menyelenggarakan “The 1st Indonesian Youth Conference on Sustainable Development” atau IYCSD yang akan melibatkan mahasiswa S1/D3 diseluruh penjuru Nusantara, berlangsung dari tanggal 29 September hingga 1 September 2015.

IYCSD merupakan rangkaian acara Dies Natalis UGM ke-66 yang bertujuan untuk menyongsong pencapaian Sustainable Development Goals menuju Indonesia berkelanjutan. IYCSD dilaksanakan dalam tiga rangkaian kegiatan yang terdiri dari Call for Paper & Conference, Seminar Nasional, serta Field Trip & Youth Action. Call for Paper & Conference bertemakan ”Engaging Youth to Promote Sustainable Tomorrow through Interdisciplinary Apporach” dan terbagi dalam kategori Agriculture, Health & Medicine, Science & Technology, serta Social & Humanities. Deadline untuk paper di tanggal 5 September 2015 dan yang lolos akan diumumkan pada tanggal 10 September 2015, dilanjutkan Konferensi pada tanggal 29 September 2015.

Selanjutnya, Seminar Nasional dengan tema yang sama mengajak anak muda dari seluruh Nusantara untuk memahami lebih dalam tentang isu-isu nasional pembangunan berkelanjutan di Indonesia, dengan mendatangkan sejumlah narasumber ternama yakni Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan Ph.D ; Menteri Lingkungan Hidup Ir. Arif Yuwono, M.A.; serta Dr.Mee Young Choi dari UNESCO Jakarta dan Dr. Deendarlianto dari Universitas Gadjah Mada.  Seminar akan diadakan tanggal 30 September 2015. Kegiatan terakhir yaitu Fieldtrip and Youth Action diselenggarakan untuk para peserta paper competition di Agro Technology Innovation Center UGM dan Pantai Selatan DIY pada tanggal 1 Oktober 2015.

Pemenang paper competition IYCSD akan mendapatkan hadiah utama berupa Piala Rektor Universitas Gadjah Mada dan uang tunai. Selain itu, IYCSD juga memberikan fasilitas kepada peserta paper competition antara lain sertifikat untuk 60 judul yang lolos, publikasi dalam jurnal ber ISBN untuk 20 paper terbaik, proceeding bagi paper yang lolos, Field Trip dan Youth Action dan Seminar gratis.

Untuk mengikuti IYCSD, mahasiswa S1/D3 diseluruh Indonesia berhak mengirimkan karya dengan membayar Rp 50.000,- rupiah/paper serta tambahan Rp250.000,- bagi paper yang terpilih. Peserta dapat juga hanya mengikuti seminar nasional dengan membayar Rp 50.000,-. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, mahasiswa dapat mengunjungi website www.iyscsd.wordpress.com serta akun sosial media IYCSD (Twitter: @iycsd2015 dan Facebook: Indonesia Youth Conference on Sustainable Development). (nina)

Leave a Reply

Your email address will not be published.