Categories
PENELITIAN

RESEARCH CAMP 2012

Research camp sepertinya menjadi agenda wajib bagi UKM GC karena da yang dirasa kurang jika sebuah UKM pengkajian dan penelitian tidak mengadakan acara berupa Research Camp (RC) yaitu Kegiatan yang mirip dengan Kemah penelitian , kegiatan disini selain bertujuan untuk membekali anggota gama cendekia 2012 tentang penelitian juga sebagai penutupan rangkaian acara SIC (Small Interdisiplner Club). Kegiatan RC didalamnya berisikan penanaman budaya riset pada anggota baru Gama Cendekia, melatih anggota baru Gama Cendekia untuk merumuskan suatu permasalahn yang ada di masyarakat. Dan juga harapannya dari acara Research camp ini anggota baru GC akan lebih tertarik dan semangat didalam membangun GC dalam bidang penelitian.

 

Resaerch Camp kali ini diadakan di Dusun Kalipucang, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, DIY pada tanggal 1-2 Desember 2012. Dengan konsep acara yang hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya research camp kali ini lebih memfokuskan pada pengembangan desa pariwisata di desa kalipucang. RC tahun ini diketuai oleh M. Faisol Amir dan  diikuti oleh 62 peserta dan dari salah atu kegiatannya menghadirkan salah satu orang alumni gc yang mempunyai prestasi yang gemilang yaitu Adhita Sri Prabakusuma, S.P.

Dari hasil evaluasi kegitan ini Peserta sudah mampu menganalisis dan merumuskan masalah dengan baik, selain itu peserta mampu menangkap masalah non fisik yang terjadi di masyarakat. Dan melalui Research Camp tahun ini terlahir 10 ide kreatif tentang pemberdayaan masyarakat di Dusun Kalipucang dan 2 ide terbaik mendapatkan insentif untuk menginisisasi proyeknya sebanyak Rp 250.000,00 per tim.

Leave a Reply

Your email address will not be published.