Categories
Uncategorized

Gama Cendekia Menjadi Delegasi UGM dalam Kongres ILP2MI

KABAR UKM :

GAMA CENDEKIA MENJADI DELEGASI UGM DALAM KONGRES DAN RAKERNAS IKATAN LEMBAGA PENALARAN DAN PENELITIAN MAHASISWA INDONESIA 2016.

14520564_1116300168405692_3717187705167662727_n

 

Unit Kegiatan Mahasiswa Gama Cendekia menjadi delegasi Universitas Gadjah Mada dalam kegiatan Kongres dan Rapat Kerja Nasional Ikatan lembaga penalaran dan penelitian mahasiswa Indonesia (ILP2MI)  yang dilaksnakan pada tanggal 22- 27 September 2016 di Universitas Brawijaya Malang. ILP2MI merupakan Induk Lembaga Penalaran Indonesia yang berfungsi sebagai wadah  koordinasi dan konsolidasi dalam upaya pengembangan lembaga penalaran dan penelitian mahasiswa se Indonesia. Kegiatan tersebut di hadiri perwaklian lembaga penalaran dan penelitian dari berbagai daerah di Indonesia yang terbagi kedalam enam regional. Regional 1 Pulau Sumtatra; Regional 2 DKI Jakarta , Banten dan Jawa Barat; Regional 3 Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta; Regional 4 Jawa Timur, Bali, NTT, dan NTB, Regional 5 sulawesi, Maluku dan papua, serta regional 6 pulau Kalimantan.

Kongres Nasional pada tahun ini dilaksanakan selama empat hari dengan agenda utama yakni laporan Pertanggungjawaban  Pengurus Besar dengan Sekertaris Jendral UKM Fordimapelar Universitas Brawijaya. Saran, dan kritik sebagai bagian dari langkah perubahan yang disampaiakan delegasi UKM berkaitan dengan peran peneliti muda yang belum optimal , belum adanya dukungan Pemerintah  , dan kebermanfaatan ILP2MI terhadap pengemabangan UKM yang masih dipertanyakan. Dari beberapa saran tersebut diperoleh bebrapa langkah strategis yakni Agenda Simposium Nasional menjadi agenda publikasi hasil penelitian dimana setiap UKM menampilkan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan Tema pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goal.

Kegiatan selanjutnya yang dilaksanakan dalam Kongres Nasional yakni Menetapkan dan Mengesahkan Pedoman Dasar, Pedoman Rumah Tangga, Garis Besar Haluan Organisasi, Memilih dan menetapkan Pengurus Besar. Pada penetepan pedoman dasar dan pedoman rumah tangga terdapat beberapa perubahan dengan tujuan untuk memberikan tambahan substansi agar pada kepengurusan berikutnya dapat berjalan dengan baik. Keterkaitan antar UKM penelitian se Indonesia dan kontribusi nyata menjadi tujuan ditetapkanya pedoman baru dalam ranah ILP2MI.

Berdasrkan hasil dari kongres Nasional ditetapkan bahwa Sekertaris Jendral yang berfungsi sebagai koordinator, pelaksana,  pengawas kegiatan dan bertanggungjawab terhadap kinerja kepengurusan ILP2MI diamanahkan kepada Lembaga Kajian Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta. Dalam menjalankan fungsinya sekertaris jendral dibantu oleh Kordinator Regional dan Pengurus Besar.

Rapat Kerja Nasional menjadi agenda terakhir kegiatan di Universitas Brawijaya. Pada Rapat Kerja Nasioanal ini telah terbetuk Pengurus Besar yang mengorientaskan pada beberapa kebijakan revitalisasi bebrapa program sebelumnya dengan tujuan mengoptimlakan sumberdaya dan potensi mahasiswa sebagai agen perubahan. Gama Cendekia dalam kongres tahun ini bertugas  sebagai anggota Departemen Penelitian Nasional dengan fokus dalam Program Riset Nasional, Pengelolaan Penelitian anggota, dan pembentukan Digital library sebagai media informasi karya penelitian anak bangsa.

Selain kegiatan Kongres Nasional dan Rakernas,  Universitas Brawijaya  sebagai penyelenggara juga menyelenggarakan  kompetisi Essay tingkat nasioanl  yang bertajuk GANESA ( Gerakan Aksi Nalar Pemuda Indonesia)  dengan  Tema “Sinergitas Pemuda dalam Pengembangan Kearifan Lokal Nusantara”. Dalam kegiatan tersebut Tri Dodi Hermawanto sebagai ketua Gama Cendekia 2016 sekaligus peserta kongres  menuturkan bahwa kegiatan tersebut sangat bermanfaat untuk menumbuhkan jiwa semangat persatuan dan kesatuan mahasiswa Indonesia dan  Universitas sebagai lembaga Pendidikan perlu meberikan dukungan bagi Unit kegiatan Mahasiswa yang terjun dalam jarigan nasional sebagai upaya mendorong terciptaanya integrasi yang baik dalam mencapai tujuan mulia.

Dalam akhir tulisan ini, doa , harapan dan usaha selalu menjadi langkah dalam mengupayakan agar kontribusi mahasiswa melalui penelitian, pengabdian masyarakat, dan karya-karya inovasi untuk kemajuan negeri   terus berkembang menuju Indonesia Emas dan pembangunan berkelanjutan.

 

Salam Cendekia , Salam KPK (Kompeten, Profesional, Kontributif).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.