Categories
PENELITIAN PRESS RELEASE

Research Class: “How to Start Our Own Research?”

Sebagai Unit Kegiatan Mahasiswa yang bergerak dalam bidang pengkajian dan penelitian interdisipliner, Gama Cendekia UGM berusaha untuk meningkatkan kompetensi anggotanya terutama dalam bidang riset, salah satunya dengan mengadakan Research class. Research class merupakan inisiasi dari Departemen Penelitian Bidang Internal yang diketuai oleh Shabrina N.H. Research class diselenggarakan secara gradual yaitu sebanyak lima kali sepanjang tahun 2015. Pada setiap sesi, Research class akan menyajikan tema–tema berbeda, mencakup bidang eksakta maupun sosio humaniora. Konten yang dibawakan antara lain mengenai konsep- konsep penelitian, scientific writing, dan penulisan jurnal.

Pada tanggal 28 Maret 2015, Gama Cendikia UGM menyelenggarkan kegiatan Research class tersebut. Acara tersebut dimulai pada pukul 13.00 dan berlangsung hingga pukul 17.00 WIB. Tema yang dibahas dalam pertemuan hari Sabtu tersebut adalah konsep – konsep penelitian dengan sub tema “How to start our own research?”. Research class dihadiri oleh sekitar 30 anggota Gama Cendekia mulai dari angkatan 2014 sampai 2012.

Sesi pertama kegiatan tersebut dibuka dengan mengenalkan konsep–konsep penelitian dalam bidang eksakta. Sesi ini dipandu oleh salah satu mahasiswa berprestasi Fakultas Biologi UGM yaitu Muhammad Ali Fikry yang merupakan anggota Gama Cendekia angkatan 2011. Pada kesempatan tersebut, Fikry memaparkan beberapa materi mengenai penelitian seperti bagaimana mengeksplor pengetahuan untuk menemukan suatu ide atau gagasan baru terutama dalam bidang riset, mengemas ide menjadi suatu karya yang kreatif dan innovatif serta tips mendapatkan grant untuk melakukan riset. Pada kesempatan tersebut, Fikry juga berbagi pengalaman riset yang pernah ia lakukan.

Pada sesi selanjutnya, bidang sosio humaniora menjadi topik pembahasan dalam Research class tersebut. Pada kesempatan itu, mahasiswi Fakultas Ilmu Budaya jurusan Antropologi UGM yaitu Hanifatus Salwa yang juga merupakan anggota Gama Cendekia 2011 ikut berpartisipasi membagi ilmunya dalam bidang sosio humaniora.

Research class tersebut berjalan sangat dinamis. Hal tersebut karena di dalam kegiatan Research class juga dilakukan diskusi antar anggota.

gama cendikia

Suasana Research Class

Dalam sesi tersebut, didapatkan beberapa point penting dalam konsep – konsep penelitian :

  1. Dalam memunculkan ide, salah satu yang bisa dilakukan adalah “Cari Masalah”. Cobalah untuk lebih peka dan sadar terhadap masalah yang ada disekitar kita J cari masalah ya jangan buat masalah hihi.
  2. Mulai lah dari apa yang kamu suka! Dalam memunculkan ide mulailah dari hal – hal yang kamu sukai. Misalnya kamu suka laut, cobalah untuk menyelami dan mengekspolarasi apa yang ada di sana. Mencari ide ini bisa dilakukan melalui observasi, dari hal – hal kecil seperti membaca buku, membaca jurnal ilmiah, membaca artikel populer, atau dengan melihat lingkungan sekitarmu.

gm 2Proses dalam Riset

Melaui kegiatan tersebut diharapkan setiap anggota Gama Cendekia dapat menginisiasi ide kreatif dan innovatif dalam bidang riset untuk memecahkan masalah yang sering dihadapi pada era ini. Follow up dari Research class ini adalah Research in Action. Pada kegiatan ini akan dilakukan supervisi mengenai pembuatan ide maupun proposal yang diharapkan bisa diaplikasikan pada berbagai lomba seperti LKTI (Lomba Karya Tulis Ilmiah) maupun PKM (Pekan Kreativitas Mahasiswa).

Selamat mencoba tips – tips diatas tadi ya J

Salam KPK! Salam Cendekia!

 gama 2

Peserta Research Class

Leave a Reply

Your email address will not be published.