Categories
CORETAN CENDEKIA PENELITIAN

KREASI” (KONSOLIDASI STRATEGIS MAHASISWA RISET INDONESIA)

Pontianak , 7-10 Mei 2012 – KREASIKonsolidasi Strategis Mahasiswa Riset Indonesia adalah kegiatan yang dilaksanakan selama 4 hari, terdiri dari empat rangkaian kegiatan utama, diantaranya yaitu Kongres Nasional ILP2MI, Lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat nasional, Seminar Nasional Perbatasan dan Field Trip. Penyelenggara kegiatan ini adalah Unit Kegiatan Mahasiswa Penalaran dan Penelitian Se-Kota Pontianak yang meliputi Lingkar Studi Mahasiswa Universitas Tanjungpura (UKM LISMA UNTAN), Politeknik Negeri Pontianak, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pontianak dan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Pontianak.

 

      Kegiatan utama pertama adalah Kongres Nasional, Kongres Nasional merupakan ajang pertemuan mahasiswa UKM penelitian dan penalaran se-Indonesia yang dilakukan sebagai tindak lanjut dari Kongres Nasional I di Makasar dan Kongres Nasional II di Yogyakarta. Agenda yang dibahas berupa Laporan Pertanggungjawaban pengurus besar ILP2MI periode 2011-2012, Pembahasan AD/ART, serta pembahasan dan penetapan RENSTRA 2012-2013.

      Seminar Nasional Perbatasan Wilayah, suatu rangkaian acara dari Kongres Nasional yang menampilkan masalah krusial bangsa terkait letak geografis Kalimantan Barat yang berbatasan langsung dengan Negara lain. Dalam acara ini mahasiswa dan para ahli (pembicara nasional) melakukan sharing dan discussion guna membahas alternatif dari masalah yang dihadapi.

      Setelah seminar nasional dilanjutkan dengan Lomba Karya Tulis Ilmiah  tingkat Nasional (LKTI Nasional), yaitu merupakan ajang kompetisi Karya Tulis yang diikuti oleh mahasiswa S1 dan Diploma (D3). Adapun subtema yang hendak diangkat dalam LKTI Nasional ini adalah “Pendidikan Karakter, Solusi Disintegrasi Bangsa”, “Tantangan Diplomasi Indonesia demi membela Hak Asasi warga negaranya”, “Peranan IPTEK dalam memberdayakan daerah Perbatasan” dan “Menyongsong Era Perdagangan Bebas”. Lanjutan kegiatan setelah lomba Karya Tulis Ilmiah maka ada kegiatan utama keempat, yaitu sebagai rangkaian penutup adalah Field Trip, mengunjungi tempat-tempat bersejarah dan pariwisata yang menggambarkan ciri khas Kalimantan Barat khususnya Kota Pontianak.

      Adapun sasaran dari kegiatan adalah untuk Kongres Nasional ILP2MI yaitu sebanyak 200 peserta dari 70 lembaga penelitian dan penalaran se-Indonesia, untuk Seminar Nasional Perbatasan adalah Mahasiswa S1/Diploma seluruh PTN/PTS di INDONESIA, LSM, NGO dan masyarakat umum, untuk LKTI Nasional (Paper on Borderhood) adalah mahasiswa S1/D3 PTN/PTS seluruh Indonesia (selain mahasiswa di Kalimantan Barat) yang tergabung dalam UKM Penalaran dan Penelitian (ILP2MI) dan sedangkan untuk kegiatan field trip adalah untuk peserta Kongres Nasional ILP2MI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.